728x90 AdSpace

  • Alfalah News

    Friday, August 19, 2016

    Kelebihan Membaca Surat Kahfi pada Hari Jumat

    darulfalah.net - Hari jum'at merupakan hari yang mulia dan hari yang istimewa dari hari-hari yang lain dalam seminggu, dan bukti dari kemuliaan Surat Al-Kahfi, Allah telah mentakdirkan beberapa kejadian yang besar pada hari yang istimewa tersebut. Dan juga ada beberapa dari amal ibadah yang pada hari jum'at dikhususkan baik pada malamnya maupun siang harinya, khususnya pada pelaksanaan shalat Jum'at.

    Salah satu amalan yang sangat baik dibaca pada hari jumat ini adalah membaca Al-Quran, yaitu khusunya dengan membaca surat Al- Kahfi, Surat Al Kahfi atau yang  juga sering disebut dengan Ashabul Kahfi adalah  surat  yang diturunkan di Kota Mekkah. Surat Al-Kahfi merupakan salah satu dari surat Al-Quran Al-Karim yang mempunyai berbagai keagungan dan keutamaan dibanding beberapa surat lainnya. Akan tetapi tidak sedikit dari kaum muslimin dan Muslimat yang belum mengetahui dari berbagai keagungan dan keutamaannya, sehingga dari sebagian mereka juga jarang atau bahkan hampir tidak pernah membaca dan menghafal dari surat Al-Kahfi.

    Terdapat beberapa hadist yang mengungkapkan tentang manfa'at dan keutamaan pada surat Al-Kahfi, diantaranya:
    Pertama, Setiap Insan yang membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jum'at akan terhindar dari fitnah Dajjal. Rasulullah bersabda ; "bahwa dengan rajin membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at maka akan terhindar dari fitnah Dajjal".

    Kedua, membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum'at  akan mendapat pengampunan dosa diantara dua Jum'at. Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at.  (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249). 

    Ketiga, bahwa ganjaran/balasan yang disiapkan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum'at atau pada siang harinya akan diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini akan diberikan pada hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. 

    Dan Hadist Nabi yang menyatakan ini adalah sebagai berikut, "Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum'at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq" (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan Al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736).

    Keempat, Sebagai Penangkal dari Dajjal, Surat Al-Kahfi yang telah dijelaskan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah untuk menangkal fitnah Dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh yang pertama, sebagian keterangan lagi sepuluh ayat yang terakhir.

    Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam'an yang cukup panjang, yang di dalam riwayat tersebut Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,  "Maka barang siapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi."

    Demikianlah kelebihan kelebihan dari membaca surat al-kahfi yang patut untuk kita ketahui dan kita amalkan, supaya kita semua mendapatkan segala keberkahan dari hari Jum'at dengan membaca surat Al-Kahfi ini, karena berbagai keutamaan dari hari Jum'at ini sangat bermanfaat untuk kita semua dan sangat baik untuk kita jadikan sebagai amalan rutin setiap Jum'atnya.

    Sumber : lbm.mudimesra.com

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kelebihan Membaca Surat Kahfi pada Hari Jumat Rating: 5 Reviewed By: Krueng
    Scroll to Top