728x90 AdSpace

  • Alfalah News

    Friday, October 09, 2015

    Ada 7 (tujuh) Manfaat tidak berbicara (Diam)


    Islam mengajarkan agar kepada setiap orang untuk tidak banyak berbicara dan seandainya berbicara, hanya berbicara pada hal-hal yang benar dan berfaedah saja. Diam sepertinya satu perihal yang sederhana, namun untuk merealisasikannya tidaklah mudah. Sikap tenang dalam berbicara menurut kadar yang cukup sering kali menjadi kunci sukses dari seseorang terhadap suatu keadaan yang terjadi dan berlangsung disekelilingnya, dan tentunya berbicara yang berfaedah pada tempatnya adalah mutiara.
    Berkata sebahagian para ulama, bahwa pada diam itu ada tujuh ribu kebaikan, dan tujuh ribu kebaikan itu terkumpul pada tujuh kalimat, pada tiap-tiap dari tujuh kalimat ini mengandung seribu kebaikan.

     أولها أن الصمت عبادة غير أولها أن الصمت راحة غير عناء

    Pertama:
    Merupakan Ibadah tanpa harus bekerja keras atau berusaha.
     والثاني زينة من غير حلي
    Kedua:
    Merupakan hiasan diri tanpa perhiasan
     والثالث هيبة من غير سلطان
    Ketiga:
    Wibawa tanpa kekuasaan
     والرابع حصن من غير حافظ
    Keempat:
    Benteng tanpa dinding (selalu terkawal tanpa perlu pengawal atau penjaga )
     والخامس استغناء عن الاعتذار إلى الناس
    Kelima:
    Tidak perlu meminta maaf kepada siapapun yang disebabkan oleh perkataan
     والسادس إراحة الكرام الكاتبين
    Keenam:
    Malaikat pencatat amal menjadi rehat dan tidak lelah
     والسابع ستر لعيوبه
    Ketujuh:
    Penutup keburukan dan sisi-sisi kejahiliyahan dan kekurangan diri

    Diam adalah ciri khas dari orang yang berilmu, dengan diam, kita mendapatkan kekuatan hebat untuk berfikir secara mendalam tentang apa yang terjadi di sekitar, serta dapat berkonsentrasi dengan penuh tentang rasionalitas suatu jawaban.
    Diam adalah kesempatan untuk menilai kehidupan, diam adalah kesempatan untuk istirahat, diam adalah kesempatan untuk istirahat, diam adalah kekuatan yang besar, dengan diam kita telah menguasai orang-orang yang ada di hadapan kita melalui pandangan. Diam bisa menjadi solusi paling baik  dalam menghadapi berbagai masalah rumah tangga ringan yang bertumpuk-tumpuk. Di saat-saat tertentu, diam dapat melahirkan sikap disegani dan dihormati, sebaliknya, melawan dan berdebat dapat melahirkan sikap semakin menjauh dan saling  dendam. Dengan diam, kita telah menghancurkan berbagai senjata dari lawan. Diam telah menjadi guru yang baik agar kita belajar menjadi pendengar yang baik, di mana banyak orang telah kehilangan sifat ini. Keselamatan manusia terletak pada bagaimana dia menjaga lidahnya. Demikianlah 7 manfaat dari diam yang kami kutib dari kitab “Muraqi Ubudiyyah” karangan Syaikh Muhammad Nawawi Al-Jaawi. Wallahua’lam.
    sumber : lbm.mudimesra
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ada 7 (tujuh) Manfaat tidak berbicara (Diam) Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top